Tutorial Borland Delphi 7

Bookmark and Share
Borland Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web. Program ini mempunyai kemampuan luas yang terletak pada produktifitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta bahasa pemrogramannya terstruktur dan lengkap. Fasilitas pemrograman dibagi dalam dua kelompok yaitu object dan bahasa pemrograman. Object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat. Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman dapat disebut sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan antara object dengan bahasa pemrograman sering disebut bahasa pemrograman berorientasi object. 

IDE Delphi
Merupakan lingkungan pemrograman terpadu yang terdapat dalam Delphi. Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semuanya telah tersedia. Adapun bagian-bagian IDE Delphi yang biasa ditampilkan yaitu :

1. Jendela Utama
Di dalam jendela utama Delphi terdapat menu-menu sebagaimana menu aplikasi Windows umumnya, toolbar yang merupakan langkah cepat dari beberapa menu, dan component palette yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat aplikasi.

2. Object Treeview
Fasilitas ini berguna untuk menampilkan daftar komponen yang digunakan dalam pengembangan aplikasi sesuai dengan penempatannya.

3. Object Inspector
Object ini digunakan untuk mengatur properti dan event suatu komponen. Akan tetapi tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program.

4. Form Designer
Form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi. Form designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain, dengan arti lain tempat komponen-komponen lain diletakkan.

5. Code Editor, Explorer dan Component Diagram
Code Editor adalah tempat kode program yang diperlukan untuk mengatur tugas aplikasi ditulis. Code Explorer adalah fasilitas yang membantu penjelajahan kode program menjadi lebih mudah. Component Diagram adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat diagram komponen-komponen yang digunakan dalam aplikasi. 


Untuk Download Tutorial Delphi 7, klik link dibawah ini :
Tutorial Delphi 7 - 36 Jam Belajar Delphi
Tutorial Delphi 7 - Belajar Membuat Text Berjalan
Tutorial Delphi 7 - Membuat Calculator Sederhana
Tutorial Delphi 7 - Membuat Program Menghitung Akar
Tutorial Delphi 7 - Membuat Program Menghitung Rumus Segitiga
Tutorial Delphi 7 - Membuat Tombol Hapus
Tutorial Delphi 7 - Menampilkan Palet Warna
Tutorial Delphi 7 - Creating Database Application
Tutorial Delphi 7

Untuk download Sotfware Borland Delphi 7, silakan klik link dibawah ini :
Delphi 7



Dari berbagai sumber

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

Rahmi Imanda mengatakan...

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'Borland Delphi 7.0' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3187/1/PESAT%202005%20_psikologi_003.pdf
semoga bermanfaat ya

Yoga Prasetya YPS mengatakan...

Thx info nya, bisa buat ngerjain tugas :D
Mampir juga yuk buat belajar Programming
Thx :)

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus gan saya juga menulis tentang ini alamatnya ' http://adf.ly/u4Pj6 ' terimakasih kunjungan baliknya, semoga bermanfaat dari yudhaargaonlinestore

Posting Komentar

Kritik dan sarannya ya agan-agan semua sangat berguna untuk kemajuan blog ini ^_^