Mengenal dan Belajar Hardware Komputer

Bookmark and Share
Komputer atau personal komputer (PC) adalah kumpulan dari hardware/perangkat keras dan software/perangkat lunak yang saling berhubungan dan bekerjasama yang dapat digunakan sebagai alat hitung, pengolah data dan memberikan informasi.untuk melakukan perhitungan, pengolahan maupun pemberian informasi harus ada yang mengendalikan dan mengoprasikan komputer. dalam istilah komputer, yang mengendalikan dan mengoperasikan komputer disebut brainware. brainware adalah manusia atau user/pengguna. hardware/perangkat keras komputer adalah perangkat komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. agar komputer bisa memberikan hasil yang optimal, maka komputer harus mempunyai hardware yang berfungsi sebagai masukan (input), hardware yang berfungsi sebagai pemroses dan hardware yang berfungsi sebagai keluaran (output). hardware yang berfungsi sebagai masukan adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menerima/memasukan (I/O) data yang akan diolah oleh komputer. hardware yang berfungsi sebagai pemroses adalah perangkat keras yang dapat mengolah data dari masukan dan diterjemahkan menjadi data yang siap untuk dikeluarkan. hardware yang berfungsi sebagai keluaran adalah perangkat keras yang dapat menampilkan data hasil dari proses yang dapat dimengerti dan dipahami secara fisik.

Hardware Komputer :
  • Processor 
  • Mainboard/Motherboard 
  • Memori 
  • Kartu/Card 
  • Media Penyimpanan 
  • Casing dan Power Supply 
  • Keyboard dan Mouse 
  • Monitor 
  • Processor 

Processor adalah otak dan pusat pengendali komputer yang menjadi tenaga pelaksana dari seluruh tenaga eksekusi perintah maupun program.Processor mempunyai tiga bagian yang masing-masing bagian mempunyai kegunaan :
  • Arithmatic Logical Unit (ALU) yang berfungsi sebagai pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem komputer. 
  • Control Unit (CU) yang berfungsi mengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dilakukan oleh processor. 
  • Memory Unit (MU) berfungsi sebagai unit pendukung, di mana perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor akan disimpan sementara pada bagian ini. 

Merek processor dipasaran terbilang banyak, hanya saja merek yang terkenal dan biasa digunakan di Indonesia adalah merek Intel (Celeron, Xeon, Pentium, conroe, dan yang lainnya) dan AMD (Athlon, Duron, Sempron, Athlon 64, dan yang lainnya).
Mainboard/Motherboard

  • Mainboard atau sering disebut Motherboard merupakan papan utama sebagai tempat komponen-komponen agar bisa saling berinteraksi. Tempat meletakkan beberapa komponen seperti processor, memory, cache, video card, sound card, land card, dan lain-lain.Suatu Motherboard PC berisikan komponen-komponen seperti Chipshet, ROM, BIOS Memory Chip, Slot Expansi dan lain-lain.
  • Chipset berfungsi sebagai interface antara trafik dan kontrol aliran informasi ke dalam komputer. Mengontrol informasi pengaksesan processor ke memori, cache, mengalirkan data ke dan dari device (alat) lain. Pada Matherboard chipset terbagi menjadi dua yaitu : North Bridge dan South Bridge. North Bridge berfungsi mengatur jenis processor, mengatur keceptan memori dan sejenisnya, menjamin support AGP, dan bandwith pada bus datanya. South Bridge berfungsi mengatur kecepatan transfer hard disk, dukungan peripheral interface USB, Firewire, dukungan terhadap onboard soundcard dan modem, dukungan integrated I/O, dan hardware monitoring.
  • BIOS (Basic Input Output System) merupakan lavel program palig dasar, fungsinya untuk mengenali sistem device yang ada di motherboard serta operating system yang digunakan. Bios berjalan saat komputer dijalankan, dan akan memeriksa sistem. Slot Ekspansi pada umumnya semua jenis matherboard terdapat slot ekspansi yang mana slot ini digunakan untuk memasang card yang dipakai untuk aksesoris tambahan yang diperlukan sebagai perluasan pemakaian komputer yang dewasa makin dikembangkan. Macam-macam slot ekspansi yang sering digunakan pada saat ini yaitu: 
  • Slot ISA (Industri Standart Arcitecture), biasanya digunakan oleh PC model lama. Tipe slot ini yaitu 8 bit, kecepatan transfer ratenya 0,625 MB/Sec. 
  • Slot PCI (periperal Components interconect), menggunakan 47 pin dan kecepatan transfer datanya 264 Mb/ Sec slot ini bisa digunakan untuk sound card, VGA Card, LAN Card, dll. 
  • Slot AGP (Adapter graphic periperal), biasanya digunakan untuk VGA, kecepatan transfernya lebih tinggi dibandingkan dengan PCI. Teknologi AGP (2x, 4x,6x, 8x). Port I/O merupakan port atau tempat pasangnya connector dari peralatan I/O, dimana setiap port I/O dibawah control processor. Port yang ada adalah: 
  • Port paralel (LPT1 atau LPT2) yaitu port yang mempunyai transfer dengan kecepatan standart parallel port 200 Kb/ detik, kabel konektor adalah 25 pin. Peralatan yang digunakan port ini adalah: printer, scaner, dll. 
  • Port Serial (Com1 dan Com2) yaitu port yang mempunyai transfer data dengan kecepatan yang lebih rendah/ kecil dibandingkan dengan jenis port parallel. Cabel konektor untuk COM1 adalah 9 pin dan untuk COM2 adalah 25 pin. Peralatan yang menggunakan port ini adalah: Mouse, Modem, dll. 
  • Port ECP/EPP adalah port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan tinggi 2.000–10.000 Kb/detik. 
  • Port AT/PS2 port ini umumnya digunakan untuk masukan dari mouse dan keyboard. 
  • Port USB (universal serial bus) merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB port yaitu: Camera Digital, Flash Disk, dll. 
  • Port VGA merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card. 
  • Port Audio merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan Audio seprti tape, radio, spiker, dll. 
  • Port FDD port ini digunakan khusus untuk floopy disk, port ini biasanya hanya terdapat satu buah pada motherboard. 
Memori/RAM
Berdasarkan letak, memori dibedakan menjadi internal memori dan eksternal memori. Memory internal lebih dikenal dengan istilah ROM (Read Only memory) dan biasanya sudah terpasang dalam motherboard. Sifat dari memory ini non volatile (media penyimpanan yang bersifat permanen). Contah ROM adalah BIOS. Memory eksternal lebih dikenal dengan istilah RAM (Random Access Memory). Sifat dari memori ini adalah volatile (media penyimpanan yang besifat sementara).

Kartu/Card
Suatu rangkaian elekronik yang berbentuk seperti papan dan digunakan sebagai penghubung dengan komponen lain. Contoh Card adalah VGA Card, Sound Card, Internal Modem, TV Tuner Internal, dll. Untuk penampilan hasil dari pengolahan komputer ke monitor diperlukan sebuah grafik card. Grafik card yang beredar sekarang adalah berjenis VGA Card AGP adan VGA Card PCI -E. perbedaan antara VGA tersebut adalah AGP dipasangkan di slot ekspansi AGP sedangkan AGP dipasangkan di slot ekspansi PCI-E. tapi jangan khawatir kita tidak hanya membeli VGA card apabila didalam motherboard sudah terdapat VGA (built-in) yang dapat digunakan sebagai VGA card. Untuk mendengarkan hasil olahan komputer maka diperlukan sebuah sound card. Tapi jangan kawatir kita tidak harus membeli sound card, karena biasanya di dalam motherboard sudah disertai sound card (built-in) yang berfungsi sama dengan sound card.
Media Penyimpanan
Berfungsi menyimpan data atau informasi dan menpunyai sifat penyimpana data atau infomasi secara permanen atau tetap. Media penyimpanan data yang paling banyak digunakan adalah sebagai berikut:
  • FDD (Floppy Disk Drive) adalah alat untuk menulis dan membaca data yang kecil yang di simpan di disket, ukuran floppy yang digunakan saat ini adalah 3 1/2 inci. Alat ini mempunyai sebuah head yang bergerak membaca diseluruh disket, karena seluruh pembacaan dilakukan secara fisik dan mekanik, proses pembacaan agak lambat. Konektor FDD dan kabelnya adalah 34 pin.
  • HDD (Harddisk drive) adalah perangkat penyimpanan data yang bersifat eksternal yang dihubungkan dengan kabel penghubung dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar, cara kerja Harddisk hampir sama dengan kerja floppy yaitu menggunakan head atau alat pembaca mekanik yang memerlukan gerakan fisik. Hanya saja Harddisk mempunyai beberapa piringan dan beberapa head sehinggan proses pembacaan lebih cepat.konektor dan kabel HDD adalah 40 pin. Disk Drive adalah salah satu alat yang menggunakan teknologi laser dengan metode WROM (ditulis sekali baca berulang kali), yang terbuat dari resin dan dilapisi permukaan yang reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh permukaan yang bening. Informasi dibaca menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh foto sensor yang kemudian dikonfersi menjadi data digital. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Contoh disk Drive adalah CD-ROM dan DVD-ROM. 
Casing dan Power Supply
  • Casing berfungsi untuk menempatkan peralatan atau komponen- komponen kompter seperti mainboard, Vga Card, power Supply, Floppy Disk, Harddisk, CD ROM, dan sebagainya.
  • Power Supply berfungsi untuk menyalurkan listrik ke peralatan komputer yang ada di dalam chasing. Power Supply mempunyai 5 atau lebih konektor yang dapat di sambungkan ke peralatan komputer , 2 konektor (12 kabel, 6 kabel untuk 1 konektor P8 dan 6 kabel untuk 1 konektor P9) disebut jenis konektor AT atau 20 kabel untuk satu konektor disebut konektor ATX dan yang lainnya untuk floppy disk, Harddisk, CD ROM, dan sebagainya. 
Keyboard dan Mouse
Fungsi dari keybord yaitu untuk menginput data ke komputer berupa teks. ada beberapa jenis keiyboard antara lain serial, PS/2, USB dan wireless. Mouse merupakan salah satu jenis komponen input pointing device, yaitu alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda . Alat tersebaut dihubungkan dengan komputer, dan jika alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyal tertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang di inginkan pemakai.

Fungsi dari keybord yaitu untuk menginput data ke komputer berupa teks. ada beberapa jenis keiyboard antara lain serial, PS/2, USB dan wireless. Mouse merupakan salah satu jenis komponen input pointing device, yaitu alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda . Alat tersebaut dihubungkan dengan komputer, dan jika alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyal tertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang di inginkan pemakai.
Monitor

Monitor merupakan output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai. Monitor sering juga disebut Video Display. sesuai dengan kemampuan dalam menampilkan gambar, monitor dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu monochrome display,yaitu monitor yang hanya memiliki kemampuan untuk menampilkan warna tunggal saja seperi hitam putih, hijau phospor. Sedangkan colour display menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah yaitu merah, biru, dan hijau yang dapat dikombinasikan membentuk warna-warna di layar. Contoh jenis monitor antara lain: CRT (Cathone Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display) dan Plasma Gas.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Kritik dan sarannya ya agan-agan semua sangat berguna untuk kemajuan blog ini ^_^